Kamis, 19 Juni 2014

laporan prakerin RPL




LEMBAR PRNGESAHAN KEPALA SMK NEGERI BANTARKALONG
KOMPETENSI KEAHLIAN  REKAYASA PERANGKAT LUNAK





LAPORAN PREKTEK KERJA INDUSTRI
DI KANTOR PENGADILAN NEGERI KLAS 1B




MENGESAHKAN :
KEPALA SMK NEGERI BANTARKALONG





 Drs TARYO,M.Pd
NIP.19601220 199112 1 001






LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING,KOORDINATOR
KOMPETENSI KEAHLIAN DAN
KETUA PRAKERIN


LAPORAN PRSKTEK KERJA INDUSTRI


Menyetujui :



Pembimbing sekolah                                                               Pembimbing Lapangan




Sinceu Maurejou                                                                    Maulana Yusup, S.T
NUPTK:


Ketua Prakerin                                                                        Koordinator kompetensi
                                                                                             Rekayasa Perangkat Lunak




H.Dadang Suherman,S.Pd, M.Pd                                       Joni Wijaya  MS,ST
NIP.19670103 197702 1 001                                            NUPTK.5949751653200012
                                         


KATA PENGANTAR

            Segala puji dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat Magfirah dan Inayah-Nya penyusun dapat menyelesaikan laporan singkat Praktek Kerja Industri yang dilaksanakan di Kantor UPK KARANGNUNGGAL – TASIKMALAYA.  dengan lancar dari awal sampai akhir. Walaupun kami menyadari masih banyak kekurangan-kekurangan baik dalam tekhnis penulisan, pelaporan maupun gaya bahasa penulisan yang kurang tersusun, jauh dari sempurna.
            Adapun tujuan umum dari penulisan laporan ini, untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti Ujian Nasional. Kemudian secara garis besar laporan ini adalah hasil PRAKERIN kami selama 3 (tiga) bulan di Kantor UPK KARANGNUNGGAL – TASIKMALAYA.
            Yang selama itu pula kami ikut merasakan dunia kerja dan tekhnik kerja yang efektif dan efisien yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kami yang telah ikut berperan dalam pelaksanaan PRAKERIN ini sampai dengan terselesaikannya laporan ini. Semoga amal baik yang telah diberikan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT.
            Penyusun menyadari bahwa tanpa ada bantuan dan dorongan dari berbagai pihak sangatlah sulit untuk menyelesaikan laporan ini. Untuk itu dengan ketulusan dan kerendahan hati, penyusun ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada :
1.      Bapak Drs.Taryo, M.Pd. selaku Kepala SMK Negeri Bantarkalong yang telah memberikan izin untuk melaksanakan Program PRAKERIN;
2.      Bapak Ahmad Yusup, S.IP Selaku Ketua UPK Kec, karangnunnggal yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan PRAKERIN;
3.      Bapak sinceu maurejou  selaku pembimbing dari SMK Negeri Bantarkalong yang telah membimbing kami selama melaksanakan PRAKERIN dan saran di Kantor UPK Karangnunggal-Tasikmalaya;
4.      Bapak Endang mulyana,S.Hut dan Maulana yusupS.T , selaku pembimbing I dan pembimbing II yang telah membimbing kami selama melaksanakan PRAKERIN di Kantor UPK Karangnunggal-Tasiklmalaya;
5.      Seluruh staf kantor UPK Karangnunggal-Tasikmalaya yang telah membantu kami dalam pengumpulan data yang diperlukan;
6.      Bapak/Ibu guru SMK Negeri Bantarkalong yang telah memberikan pelajaran, saran-saran serta bimbingan dalam melaksanakan PRAKERIN;
7.      Kedua orang tua yang selalu memberikan dorongan kepada kami baik secara materi maupun non materi dan do’a restu yang telah diberikan;
8.      Teman-teman yang selalu memberikan dukungan;
            Kami sebagai penyusun tidak pernah lepas dari kealpaan dan kehilapan. Oleh karena itu kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kami dengan senang hati akan menerima saran serta kritik dari semua pihak yang sipatnya membangun.
Akhir kata kami mengucapkan semoga amal kebaikan dan bantuan yang telah diberikan kepada kami mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT dan selalu meridhoi setiap gerak langkah kita. Amiin.

Karangnunggal 30 Mei 2014

                                                                                                Penyusun




















DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
a)      Lembar Pengesahan industri..........…………………………………............i
b)      Lembar Pengesahan Sekolah.........................................................................ii
KATA PENGANTAR................................................................................................. iii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang…………………………………………………………….. 1
1.2   Tujuan Dan Manfaat Prakerin …………………………………………..… 2
1.3  Waktu Dan Tempat Pelaksanaan Prakerin………………………..………....3

BAB II PROFIL DU/DI Tempat Prakerin
2.1 Sejarah Singkat UPK ( Unit Pengelola Kegiatan ) Karangnunggal............... 4
2.2 Struktur Organisasi UPK  ( Unit Pengelola Kegiatan ) Karangnunggal ....... 5
2.3  Alur Pelayanan Jasa / produksi..................................................................... 6
BAB III PAPARAN DAN KOMPETENSI / LANDASAN TEORI
3.1 Uraian Materi................................................................................................. 7
        3.1.1. Pengertian Data ................................................................................. 7
        3.1.2. Pengertian Basis Data ....................................................................... 8
        3.1.3. Perangkat Lunak yang Digunakan .................................................... 8
               3.1.3.1. Pengertian Microsoft Visual Basic 2008 ................................. 10
3.1.3.2 Cara Kerja Microsoft Visual Basic 2008.................................. 11
3.2 Analisis Pembuatan Program......................................................................... 20
3.2.1. Alasan Membuat Program ................................................................ 20
3.2.2. Data yang Dibutuhkan ...................................................................... 21
3.2.3. Flaw chart ......................................................................................... 21
3.3. Perancangan Desain..................................................................................... 24
3.3.1. Struktur Tabel ................................................................................... 24
3.3.2. Rancangan Desain Input Data .......................................................... 25
3.3.3. Rancangan Desain Output Data ....................................................... 26
3.4. Hasil program .............................................................................................. 27
3.4.1. Tampilan Input Data ......................................................................... 28
3.4.2. Tampilan Output Data ...................................................................... 28
3.4.3. List  program ..................................................................................... 29
BAB IV PENUTUP
       4.1 Kesimpulan ..................................................................................................
       4.2 Saran-Saran...................................................................................................
            4.2.1 Saran bagi Sekolah ...............................................................................
            4.2.2 Saran bagi DU/DI ................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
























DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1.3.1. Microsoft Visual basic 2008
Gambar 3.1.3.2. Microsoft Office Access 2007
Gambar 3.1.3.1.1.  Microsoft Visual Basic
Gambar 3.1.3.2.1. Tampilan  memilih visual studio 2008
Gambar 3.1.3.2.2. Tampilan Integrated Development Environtmen
Gambar 3.1.3.2.3. Tampilan untuk membuat projek baru
Gambar 3.1.3.2.4. Tampilan untuk memberi nama Program
Gambar 3.1.3.2.5. tampilan dasar
Gambar 3.1.3.2.6. Toolbok
Gambar 3.1.3.2.7. Pointer
Gambar 3.1.3.2.8. Button
Gambar 3.1.3.2.8. Chekbox
Gambar 3.1.3.2.9. Date Time picker
Gambar 3.1.3.2.10. Label
Gambar 3.1.3.2.11. Link label
Gambar 3.1.3.2.12. MonthCalender
Gambar 3.1.3.2.13. PictureBox
Gambar 3.1.3.2.14. TextBox
Gambar 3.1.3.2.15. WebBrowser
Gambar 3.1.3.2.16. Properties
Gambar 3.1.3.2.17.  kode Program
Gambar 3.1.3.2.18. Toolbar dan menubar
Gambar 3.2.2.1. fiel di ms.acces
Gambar 3.2.3.1. Simbol Flowchart
Gambar 3.2.3.2. Flowchart
Gambar 3.3.1.1. struktur tabel
Gambar 3.3.2.1. Tampilan Login
Gambar 3.3.4.1. Tampilan Menu utama
Gambar 3.3. Tampilan Menginput
Gambar 3.2.2.4.1. Tampilan Output
Gambar 3.2.2.4.1. Input dan Output
Gambar 3.4.1.1. Tampilan Login
Gambar 3.4.2.1. Tampilan Input menu utama
Gambar 3.4.3.1. Tampilan Input
Gambar 3.4.4.1. Tampilan Outpu
Gambar 3.4.5.1. Input dan Output






















LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

DI KANTOR UPK (UNIT PENGELOLA KEGIATAN) KECAMATAN KARANGNUNGGAL
TAHUN 2013/2014
Sudah di periksa pada tanggal                        :.................................................................
Telah disahkan pada tanggal               :.................................................................

Pembimbing Laporan                                                                 Pembuat Laporan




 Sinceu Maurejou                                                                    Riyan Ardiansyah
 NUPTK:                                                                                        NIS.1095707

   Kaprog Keahlian,                                                                            Penguji




  Joni Wijaya  MS,ST                                                           Joni Wijaya  MS,ST
NUPTK.5949751653200012                                             NUPTK.5949751653200012      

   Kepala Sekolah                                                                      Koordinator Prakerin




    Drs. Taryo,M.Pd                                                           Joni Wijaya  MS,ST
NIP. 19601220 199112 1 001                                                        NIP. 19620313 1992111001


Tidak ada komentar:

Posting Komentar