LEMBAR
PRNGESAHAN KEPALA SMK NEGERI BANTARKALONG
KOMPETENSI
KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
LAPORAN PREKTEK
KERJA INDUSTRI
DI KANTOR PENGADILAN NEGERI KLAS 1B
MENGESAHKAN :
KEPALA SMK
NEGERI BANTARKALONG
Drs TARYO,M.Pd
NIP.19601220 199112 1 001
LEMBAR
PERSETUJUAN PEMBIMBING,KOORDINATOR
KOMPETENSI KEAHLIAN DAN
KETUA PRAKERIN
LAPORAN PRSKTEK KERJA INDUSTRI
Menyetujui :
Pembimbing sekolah Pembimbing
Lapangan
Sinceu
Maurejou Maulana Yusup, S.T
NUPTK:
Ketua Prakerin Koordinator
kompetensi
Rekayasa Perangkat Lunak
H.Dadang
Suherman,S.Pd, M.Pd Joni Wijaya
MS,ST
NIP.19670103 197702 1 001 NUPTK.5949751653200012
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat Magfirah
dan Inayah-Nya penyusun dapat menyelesaikan laporan singkat Praktek Kerja
Industri yang dilaksanakan di Kantor UPK KARANGNUNGGAL – TASIKMALAYA. dengan lancar dari awal sampai akhir. Walaupun
kami menyadari masih banyak kekurangan-kekurangan baik dalam tekhnis penulisan,
pelaporan maupun gaya bahasa penulisan yang kurang tersusun, jauh dari
sempurna.
Adapun
tujuan umum dari penulisan laporan ini, untuk memenuhi salah satu syarat
mengikuti Ujian Nasional. Kemudian
secara garis besar laporan ini adalah hasil PRAKERIN kami selama 3 (tiga) bulan
di Kantor UPK KARANGNUNGGAL – TASIKMALAYA.
Yang
selama itu pula kami ikut merasakan dunia kerja dan tekhnik kerja yang efektif
dan efisien yang mudah-mudahan bermanfaat bagi kami yang telah ikut berperan
dalam pelaksanaan PRAKERIN ini sampai dengan terselesaikannya laporan ini.
Semoga amal baik yang telah diberikan mendapatkan balasan yang setimpal dari
Allah SWT.
Penyusun
menyadari bahwa tanpa ada bantuan dan dorongan dari berbagai pihak sangatlah
sulit untuk menyelesaikan laporan ini. Untuk itu dengan ketulusan dan
kerendahan hati, penyusun ucapkan terimakasih dan penghargaan yang
setinggi-tinginya kepada :
1. Bapak Drs.Taryo, M.Pd. selaku Kepala SMK Negeri
Bantarkalong yang telah
memberikan izin untuk melaksanakan Program PRAKERIN;
2. Bapak Ahmad Yusup, S.IP Selaku Ketua UPK
Kec, karangnunnggal yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk
melaksanakan PRAKERIN;
3. Bapak sinceu maurejou selaku pembimbing dari SMK Negeri Bantarkalong yang telah membimbing kami selama melaksanakan
PRAKERIN dan saran di Kantor UPK Karangnunggal-Tasikmalaya;
4. Bapak Endang mulyana,S.Hut dan Maulana yusupS.T , selaku pembimbing I dan pembimbing II yang telah
membimbing kami selama melaksanakan PRAKERIN di Kantor UPK
Karangnunggal-Tasiklmalaya;
5. Seluruh staf kantor UPK Karangnunggal-Tasikmalaya
yang telah membantu kami dalam pengumpulan data yang diperlukan;
6. Bapak/Ibu guru SMK Negeri Bantarkalong yang telah memberikan pelajaran, saran-saran
serta bimbingan dalam melaksanakan PRAKERIN;
7. Kedua orang tua yang selalu memberikan
dorongan kepada kami baik secara materi maupun non materi dan do’a restu yang
telah diberikan;
8. Teman-teman yang selalu memberikan
dukungan;
Kami sebagai penyusun tidak pernah
lepas dari kealpaan dan kehilapan. Oleh karena itu kami menyadari bahwa laporan
ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kami dengan senang hati akan menerima
saran serta kritik dari semua pihak yang sipatnya membangun.
Akhir kata kami mengucapkan
semoga amal kebaikan dan bantuan yang telah diberikan kepada kami mendapat
balasan yang setimpal dari Allah SWT dan selalu meridhoi setiap gerak langkah
kita. Amiin.
Karangnunggal 30 Mei 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL
LEMBAR
PENGESAHAN
a) Lembar Pengesahan industri..........…………………………………............i
b) Lembar Pengesahan Sekolah.........................................................................ii
KATA
PENGANTAR................................................................................................. iii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang…………………………………………………………….. 1
1.2 Tujuan Dan Manfaat Prakerin …………………………………………..…
2
1.3 Waktu Dan Tempat Pelaksanaan Prakerin………………………..………....3
BAB II PROFIL DU/DI Tempat
Prakerin
2.1 Sejarah Singkat UPK ( Unit Pengelola
Kegiatan ) Karangnunggal............... 4
2.2 Struktur Organisasi UPK ( Unit Pengelola Kegiatan ) Karangnunggal ....... 5
2.3 Alur Pelayanan Jasa / produksi..................................................................... 6
BAB III PAPARAN DAN KOMPETENSI /
LANDASAN TEORI
3.1 Uraian Materi................................................................................................. 7
3.1.1. Pengertian Data ................................................................................. 7
3.1.2. Pengertian Basis Data ....................................................................... 8
3.1.3. Perangkat Lunak yang Digunakan .................................................... 8
3.1.3.1. Pengertian Microsoft Visual Basic 2008 ................................. 10
3.1.3.2 Cara Kerja Microsoft Visual Basic 2008.................................. 11
3.2 Analisis Pembuatan Program......................................................................... 20
3.2.1. Alasan Membuat Program ................................................................ 20
3.2.2. Data yang Dibutuhkan ...................................................................... 21
3.2.3. Flaw chart ......................................................................................... 21
3.3. Perancangan Desain..................................................................................... 24
3.3.1. Struktur Tabel ................................................................................... 24
3.3.2. Rancangan Desain Input Data .......................................................... 25
3.3.3. Rancangan Desain Output Data ....................................................... 26
3.4. Hasil program .............................................................................................. 27
3.4.1. Tampilan Input Data ......................................................................... 28
3.4.2. Tampilan Output Data ...................................................................... 28
3.4.3. List
program ..................................................................................... 29
BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan ..................................................................................................
4.2 Saran-Saran...................................................................................................
4.2.1 Saran bagi Sekolah ...............................................................................
4.2.2 Saran bagi DU/DI ................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
Gambar 3.1.3.1. Microsoft Visual basic 2008
Gambar 3.1.3.2. Microsoft Office Access 2007
Gambar 3.1.3.1.1. Microsoft Visual Basic
Gambar 3.1.3.2.1. Tampilan memilih visual studio 2008
Gambar 3.1.3.2.2. Tampilan Integrated
Development Environtmen
Gambar 3.1.3.2.3. Tampilan untuk membuat
projek baru
Gambar 3.1.3.2.4. Tampilan untuk memberi
nama Program
Gambar 3.1.3.2.5. tampilan dasar
Gambar 3.1.3.2.6. Toolbok
Gambar 3.1.3.2.7. Pointer
Gambar 3.1.3.2.8. Button
Gambar 3.1.3.2.8. Chekbox
Gambar 3.1.3.2.9. Date Time picker
Gambar 3.1.3.2.10. Label
Gambar 3.1.3.2.11. Link label
Gambar 3.1.3.2.9. Date Time picker
Gambar 3.1.3.2.10. Label
Gambar 3.1.3.2.11. Link label
Gambar 3.1.3.2.12. MonthCalender
Gambar 3.1.3.2.13. PictureBox
Gambar 3.1.3.2.13. PictureBox
Gambar 3.1.3.2.14. TextBox
Gambar 3.1.3.2.15. WebBrowser
Gambar 3.1.3.2.16. Properties
Gambar 3.1.3.2.15. WebBrowser
Gambar 3.1.3.2.16. Properties
Gambar 3.1.3.2.17. kode Program
Gambar 3.1.3.2.18. Toolbar dan menubar
Gambar 3.2.2.1. fiel di ms.acces
Gambar 3.2.3.1. Simbol Flowchart
Gambar 3.2.3.2. Flowchart
Gambar 3.3.1.1. struktur tabel
Gambar 3.3.2.1. Tampilan Login
Gambar 3.3.4.1. Tampilan Menu utama
Gambar 3.3. Tampilan Menginput
Gambar 3.2.2.4.1. Tampilan Output
Gambar 3.2.2.4.1. Input dan Output
Gambar 3.4.1.1.
Tampilan Login
Gambar 3.4.2.1. Tampilan Input
menu utama
Gambar 3.4.3.1.
Tampilan Input
Gambar 3.4.4.1. Tampilan Outpu
Gambar 3.4.5.1. Input dan Output
LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH
DI KANTOR UPK (UNIT PENGELOLA KEGIATAN)
KECAMATAN KARANGNUNGGAL
TAHUN 2013/2014
Sudah di periksa pada tanggal :.................................................................
Telah disahkan pada tanggal :.................................................................
Pembimbing Laporan Pembuat Laporan
Sinceu Maurejou Riyan Ardiansyah
NUPTK:
NIS.1095707
Kaprog Keahlian, Penguji
Joni Wijaya MS,ST Joni Wijaya MS,ST
NUPTK.5949751653200012 NUPTK.5949751653200012
Kepala Sekolah Koordinator Prakerin
Drs. Taryo,M.Pd Joni Wijaya MS,ST
NIP. 19601220 199112 1 001 NIP. 19620313 1992111001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar