Rabu, 03 April 2013

Cara instal XAMPP-win32-1.7.4-VC6 di Localhost pc/Laptop

Cara instal XAMPP-win32-1.7.4-VC6 di Localhost pc/Laptop

Rahmat Subekti | 09:36 | 1 Comments
Localhost Xampp
Dari postingan sebelumnya saya telah menjelaskan bagaimana cara menginstal Joomla di Localhost dan mungkin masih ada yang bingung folder htdocs itu dimana. Nah disini saya akan membantu mencarikan folder itu dimana sih tempatnya.

Folder Htdocs belum pernah ada sebelum kita menginstal Xampp. Xampp sendiri berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Untuk penginstalan server di localhost (komputer/pc/Laptop) begini ceritanya:

1. Buka file installer yang telah diunduh gratis dari situs  Apache Friends (Untuk mengunduh klik link ini)


2.Pilih bahasa yang akan digunakan (default : English)

Dialog enter

3. Jika muncul dialog seperti gambar di samping tekan enter atau klik ok.




4. Pada Dialog Setup Wizard klik next


instal location
5. Pilih lokasi drive untuk menginstal untuk defaultnya penginstalan di C://xampp












Xampp options
6. Pada Step ini sebaiknya perlu teman- teman PERHATIKAN dengan baik. Biarkan Service section pada Apache, MysQl dan FileZilla TIDAK DICENTANG. dan lebih baik teman-teman tidak mencentangnya. jika ada sebaiknya hapus tanda centang tersebut seperti gambar disamping. Kemudian Klik install.







7. Tunggu sampai proses instalasi Xampp di komputer selesai. Mungkin selesai dalam waktu antara 3-10menit


8. Setelah instalasi selesai akan muncul dialog hitam (Command Promp) tunggu hingga dialog tersebut menghilang dengan sendirinya.

Complete installation
9. Setelah penginstalan selesai kemudian klik Finish kemudian tekan yes untuk membuka Control Panel Xampp










Xampp control panel
10. Sekarang kita cek Xampp apakah sudah berjalan dengan baik. Klik tombol start pada modul Apache dan MysQl sampai terlihat seperti gambar disamping. Terlihat ada tulisan Running pada modul Apache dan MySql.











Apache admin page
11. Buka Salah satu browser disini saya menggunakan Google Crome. lalu ketikkan localhost/ pada address bar. kemudian pilih bahasa yang anda mengerti. Jika muncul halaman seperti di gambar, berarti penginstalan telah sukses.









Note:

1. Pada step 6 kenapa saya menyarankan tidak menginstal service Apache, MySql dan filezilla?
    Karena jika teman - teman menginstal service tersebut maka Apache, MySql dan File zilla akan terus  menjalankan proses dari saat teman-teman menghidupkan pc (Start Up) dan prosesnya tidak dapat dihentikan. Salah satu akibatnya akan mengurangi performa komputer teman-teman sehingga akan jadi sedikit lamban. jadi sebaiknya teman-teman tidak menginstal servisnya.

2. Untuk menghidupkan modul dan mematikan modul Apache dan MySql di kontrol panel. Jika teman-teman lupa mematikannya tidak menjadi masalah karena pada saat komputer dimatikan maka proses modul akan dihentikan sendiri oleh Sistem operasi dan modul tidak akan melakukan proses pada saat komputer di hidupkan. Agar teman-teman bisakembali  mengakses localhost aktifkan kembali modul di control panel Xampp.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar